Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa yang tersebar dalam 12 kecamatan, tapi tak banyak korban jiwa di bencana tersebut.

sejauh ini tak banyak korban jiwa juga kami harapkan hujan tidak lagi turun. kondisinya ketika ini sudah darurat serta masyarakat kita minta tetap berhati-hati, katanya pada meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi objek wisata pengungsian selama kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyampaikan kawasan terparah dilanda banjir merupakan woyla timur dan berjarak sekitar 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan berbagai tim siaga bencana sudah siaga disejumlah objek wisata serta mengevakuasi warga ketempat lebih alami.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, sekalipun tidak banyak korban jiwa, kerugian diperkirakan lumayan besar karena banyak empat unit properti masyarakat serta jembatan rusak dalam kecamatan pante ceureumen, dan woyla timur.

untuk kerugian masih dalam pendataan. keuntungan yang jelas ketika ini banyak padi petani dan telah di panen hanyut akibat banjir, ujarnya menambahkan.

sementara itu dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik selama desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, akan tetapi supaya kecamatan yang lain cuma dikirim logistik dengan perahu karet.

lebih 5.000 jiwa yang telah didata sebagai pengungsi juga memperoleh jatah bantuan logistik.

warga woyla timur serta kecamatan lain tidak mau dievakuasi sebab tersebut kita cuma mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi dalam kawasan lebih tinggi yang sifatnya berpencar-pencar, ujarnya menambahkan.

samsuar, salah betul pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan mengaku desanya telah kerap dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai serta saluran air dibenahi, karena banjir disini selain penentu hujan juga sungai meureubo tersebut paling mengancam, apalagi pemukiman kami gampat ditempuh melalui aliran sungai, ujarnya.

banjir dan menyebabkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut sebab ketingian air dalam bada jalan hampir Salah satu meter.