Suriah izinkan ahli Rusia selidiki dugaan penggunaan senjata kimia

menteri penerangan suriah omran az-zoubi menyampaikan damaskus akan menyetujui pemeriksaan mengenai dugaan penggunaan senjata kimia dalam suriah dan dilakukan oleh kaum ahli rusia.

jika banyak keinginan untuk melakukan penyelidikan lapangan, kami mau menyediakan itu dilaksanakan oleh kaum ahli rusia, papar pejabat suriah dan tengah berkunjung ke moskow itu terhadap wartawan, jumat.

sekretaris jenderal pbb ban ki-moon, kamis, mengatakan tim pbb itu siap dikirim pada 24-48 merek guna menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia selama suriah.

az-zoubi menyatakan pemboman dengan membeli senjata kimia pada kota kecil khan al-asal di tidak jauh aleppo ditembakkan oleh pelaku teror dan berpangkalan pada gampat ditempuh perbatasan turki juga amunisi tersebut mampu dikirim dari turki.

Informasi Lainnya:

itu dilaksanakan oleh ada kelompok, termasuk al qaida --yang sudah mengancam akan menggunakan senjata kimi kepada suriah. mereka sudah melaksanakan ancaman mereka selama dekat aleppo dan menyebabkan korban jiwa, papar az-zoubi, sebagaimana dikutip xinhua.

ia mengutip keterangan bahwa 14 pihak tewas serta 50 cedera dalam serangan itu.

ia menyampaikan tentara suriah tak memiliki senjata kimi atau senjata lain pemusnah massal juga menuduh amerika serikat melontarkan tuduhan tidak dasar.

gedung putih mengatakan pemerintah suriah telah membeli senjata kimia pada konfliknya dengan petempur oposisi.

di selama Salah satu surat kepada kongres selama kamis, gedung putih menyampaikan, warga intelijen as menilai dengan sebuah tingkat kepercayaan dan beragam kiranya rejim suriah telah membeli senjata kimia di skala kecil di suriah, khususnya zat kimia sarin.