Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta sulit korea selatan untuk indonesia, kim young-sun, menyampaikan, indonesia dapat mengambil peran konstruktif meredam ketegangan selama semenanjung korea dan intensitasnya selalu meningkat pilihan waktu terakhir.

saya berharap indonesia dapat memainkan peran konstruktif untuk mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia mempunyai hubungan bagus bersama korea utara dan korea selatan, papar kim, dalam jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia sangat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman dan cukup kuat pada menengahi dan ikut membantu penyelesaian semua konflik selama kawasan asia-pasifik.

indonesia adalah salah Satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), maka peran konstruktif adalah peran dan tepat, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia sudah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai pada kamboja melalui forum jakarta informal forum i serta ii. inisiatif indonesia selama waktu orde baru tersebut masih adalah acuan kepada ada negara di dunia.

dari pihak historis, presiden soekarno berteman bagus melalui pemimpin korea utara (ketika tersebut), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, dan kemudian serta menjadi presiden indonesia, serta melewati masa kebaikan hubungan bagus kedua negara tersebut, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi hadiah sekaligus kenangan pertalian hubungan baik kedua negara tersebut terhadap kim senior dengan bunga anggrek dendrobium silangan khusus, dan diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga untuk kakek pemimpin waktu kini korea utara, kim jong-un, itu gampang dijumpai sampai kini.

duta besar kim menjelaskan, indonesia mesti mengirimkan pesan perdamaian yang terang kepada korea utara agar memenuhi koordinasi melalui komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea yang menjadi kunci menuju penghentian ketegangan perlu memperoleh sokongan dari dunia internasional.

kim menyebutkan pada sedang sorotan dan seluruh peringatan daripada dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh di 12 desember kemarin juga melangsungkan percobaan nuklir di 12 februari 2013.

korut dan belakangan berkali-kali berusaha meningkatkan ketegangan di semenanjung korea dengan serangkaian pernyataan provokatif, katanya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang dari pyongyang memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki soliditas dan kepercayaan kekuatan di negeri, juga untuk mendesak dunia internasional melayani korut dibuat salah Salah satu negara nuklir.

pemerintah korsel pada dasarnya menginginkan ada berubahnya hubungan antara kedua negara korea dari saling curiga serta penuh konfrontasi adalah kedamaian berbasis kepercayaan.

meski demikian, dubes kim menegaskan pemerintahnya tidak akan tinggal diam apabila pihak korut menggarap provokasi yang telah dianggap berlebihan.

kami akan siap merespon provokasi dan lebih lanjut daripada utara dan tetap beriringan bersama dunia internasional untuk mengingatkan mereka (korut) supaya melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir dan merupakan anggota dan bertanggung jawab dalam hubungan global, tutur kim.