Cilacap diguyur hujan lebat disertai angin kencang

sejumlah wilayah selama kabupaten cilacap, jawa tengah, selasa malam, diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

dari pantauan diantara di desa kalikudi, kecamatan adipala, cilacap, hujan mulai mengguyur wilayah ini sejak jam 20.45 wib.

selang pilihan menit kemudian, angin mulai bertiup melalui kencang yang disertai petir.

bahkan, pemadaman listrik pun terjadi pada desa ini sejak jam 21.00 wib.

akibatnya, para pedagang dan biasa jualan di malam hari segera mengemas dagangannya.

Informasi Lainnya:

demikian pula melalui pedagang tiban yang memasarkan di sekitar rumah masyarakat yang tengah hajatan.

salah seorang pedagang mi ayam, kasdi mengaku langsung menutup warungnya saat listrik padam.

selain karena gelap, anginnya bertiup dengan kencang daripada arah barat daya juga selatan. malahan, petir pun berkilatan, oleh karenanya aku pilih menutup warung dari berisiko, katanya.

saat dikontak dengan saluran telepon, prakirawan iklim stasiun meteorologi cilacap, teguh wardoyo memprakirakan hujan lebat dan didampingi angin kencang ini terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah yang semula berada pada samudra hindia barat daya sumatra.

daerah pusat tekanan rendah itu, kata dia, bergerak mendekati pulau jawa serta berada di samudra hindia barat daya jawa.

kendati demikian, dia belum bisa memastikan apakah daerah pusat tekanan rendah tersebut menguat serta berpotensi merupakan badai.

tadi sore, saya pilih dari hasil pencitraan satelit, tekanan udara dalam pusat `low pressure` (daerah pusat tekanan rendah, red.) itu masih 1.002 milibar, ujarnya.

ia menungkapkan kemungkinan hujan dan disertai angin kencang ini hanya terjadi di wilayah pesisir selatan cilacap.

kemungkinan selama cilacap pihak utara tidak terjadi hujan lebat karena hingga saat ini (jam 22.00 wib, red.) belum banyak peringatan dini hujan lebat dari alat dan dipasang di karangpucung, ujarnya.

sementara itu, kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi menungkapkan, pihaknya belum menerima catatan mengenai kemungkinan keberadaan bencana dan disebabkan hujan didampingi angin kencang ini.

semoga kondisinya tetap alami. tapi kami imbau warga tetap tenang serta jangan sembarangan, ujarnya.

informasi dan dihimpun antara, hujan lebat disertai angin kencang ini tak hanya melanda kecamatan adipala, sementara juga kroya, cilacap tengah, cilacap selatan, dan wilayah lainnya dalam pesisir selatan cilacap.